Tuesday, July 26, 2011

10 pedoman untuk membudayakan ibadah puasa Ramadhan dalam diri anak

10 pedoman untuk membudayakan ibadah puasa Ramadhan dalam diri anak:

1. Membuat persiapan menyambut Ramadhan dengan menghias rumah dan membeli atau membersihkan keperluan ibadah seperti sajadah, peci, dan mukena. Itu dilakukan agar anak dapat merasakan pentingnya bulan yg mulia ini.

2. Menceritakan sejarah wajibnya puasa, mengkaji kembali rukun, syarat, sunat, adab, dan hikmah puasa agar anak melakukan ibadah dengan penuh kesadaran & penghayatan, tidak karena ikut-ikutan saja.

3. Melatih anak agar berpuasa secara bertahap selama beberapa jam & kemudian beberapa hari. Ganjaran berupa pujian dan hadiah bisa diberikan untuk menggalakkan mereka berpuasa.

4. Mengingatkan anak supaya menjalani ibadah puasa dengan penuh ihsan, yaitu merasa bahwa Allah selalu bersama mereka & merasa bahwa Allah melihat setiap perbuatan mereka. Latih jiwa anak agar ikhlas dengan perintah Allah

5. Menjaga shalat fardu lima waktu & menunaikan shalat dengan berjamaah. Bawa serta anak untuk sholat fardu & Taraweh berjamaah di masjid.

6. Alquran diturunkan di bulan Ramadhan, jadi kita mesti mengingatkan anak supaya menghidupkan Ramadhan dengan banyak membaca Alquran. Sebaiknya bertadarus bersama sekeluarga agar dapat memperbaiki tajwid dan pemahaman anak terhadap Alquran.

7. Mengingatkan anak agar memelihara kesempurnaan ibadah puasa dengan akhlak yg mulia & menghindari kegiatan yg tidak berguna.

8. Mengajar anak agar hemat & menghindari sikap mubazir dalam urusan berbelanja untuk berbuka, sahur, & persiapan Hari Raya.

9. Memupuk sifat tolong menolong, saling menyayangi dan mempererat tali silaturahmi dengan keluarga, tetangga & sahabat seperti mengadakan acara berbuka puasa bersama serta memperbanyak sedekah.

10. Mengingatkan anak agar tidak menyia-siakan keutamaan 10 akhir Ramadhan & tidak meninggalkan takbir karena terlalu sibuk dengan persiapan Hari Raya

No comments: